Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Perak

Perak Batangan

Seperti halnya investasi kategori logam berharga lainnya, perak juga memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi harganya. Paling besar saat ini kebutuhan perak jatuh pada kebutuhan industri sekitar 40%, perhiasan, batangan, koin maupun produk yang diperdagangkan dalam transaksi komoditas.

Meski kebutuhan industri lebih memiliki nilai riil, perak juga tidak terhindar sebagai alat investasi para traders maupun investor. Investasi ini termasuk diminati banyak orang karena harganya yang relatif lebih terjangkau dibanding dengan kakaknya yakni emas.

Sementara dari segi kebutuhan industri umumnya perak sering dipakai dalam elektronik, medikal, fotografi, maupun campuran untuk produk aplikasi pakaian, makanan, pengawet dan lain-lain.

Seperti halnya emas, perak juga memiliki nilai perlindungan asset meski belum se-efektif emas saat ini. Boleh dibanggakan pada saat dahulu sebelum mengenal uang kertas kita masih menggunakan emas, perak dan tembaga. Meski kebanyakan pada jaman dahulu biasanya hanya emas dan tembaga.

Banyak analis mengharapkan ke depan perak nanti akan kembali ke rasio 1:10 dengan emas. Saat artikel ini ditulis rasio tersebut masih terpaut jauh dan sekitar rasio 1:30 – an.

Kelebihan perak adalah harga yang relatif murah dan terjangkau, kelemahannya pasar perak belum se-liquid pasar luar negeri seperti Amerika Sertikat. Koin perak masih lebih laku ketimbang perak batangan di Amerika Serikat. Namun umumnya di Indonesia saat ini produk perak batangan masih disarankan milik HMV Bullion dengan sertifikasi PT. Antam. Untuk wilayah Jakarta didistribusikan oleh PT. Sinar Rezeki Handal dengan situsnya http://antamgold.com .

One Comment on "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Perak"

  1. David says:

    Info yang sangat menarik. Thanks buat sharingannya. :)

Got something to say? Go for it!